Kamis, 26 Januari 2012


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.         Latar Belakang Masalah
Dijaman yang semakin maju dan berkembang ini internet tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, mulai dari anak-anak sampai orang lanjut usia semuanya bisa mengakses internet. Internet juga sangat bermanfaat jika digunakan dengan benar, misalnya untuk mencari ilmu dan berkomunikasi jarak jauh.
Dengan internet saat ini pelajar bisa dengan mudah mendapatkan bahan pelajaran, pelajar tidak perlu repot lagi membeli buku pelajaran, karena di internet sudah banyak blog-blog maupun situs web yang menyidiakannya. Internet juga sangat bermanfaat untuk berkomunikasi, jika jaman dahulu menggunakan surat untuk berkomunikasi dan bisa berbulan-bulan baru sampai tujuan, sekarang dengan adanya internet kita bisa bisa menggunakn E-mail ( Elektronik Mail) untuk berkomunikasi dan hanya dalam hitungan detik surat tersebut sudah bisa sampai tujuan .
Seperti dijelaskan uraian diatas Internet sangatlah bermanfaat dalam kehidupan manusia, oleh karena itu juga dibutuhkan media berinternet yang baik dan mudah digunakan contonya adalah modem Venus VT-80n.


1.2.         Tujuan
a.       Menyelesaikan tugas makalah yang merupakan rangkaian kegiatan  dari praktik kerja industri.
b.      Sebagai bahan presentasi saat seminar.
c.       Berbagi pengetahuan tentang modem.
d.      Membantu pembaca untuk memilih modem yang berkualitas baik.


















BAB II
PENGENALAN MODEM
2.1.         Pengertian Modem
Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada computer. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.


2.2.        Jenis-jenis Modem
1.      Modem ADSL
Modem ADSL atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces) juga sering ditemui di beberapa negara.
2.      Modem Kabel
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).
a.       Modem 3GP
b.      Modem GSM
c.       Modem CDMA
d.      Modem Analog

2.3.         Modem CDMA Venus VT-80n
Spesifikasi Modem selular Venus VT-80n :
  1. CDMA 200 1x with RUIM 800 Mhz frequency Band
  2. Menggunakan Chipset : Qualcomm
  3. Kecepatan : UP to 230.4 Kbps ( Averging 60 to 100 Kbps )
  4. Sistem Operasi : Windows 2000 SERVER/ XP / Vista / Win 7
  5. Standar Port USB : USB 2.0/1, 1/1.0
  6. Catu daya : USB ( 4.5 V - 5.5 V )
  7. Temperatur pengoperasian : - 30° C - 60° C
Fitur-fitur modem Venus VT-80n :
  1. Dukungan plug & play USB
  2. Dapat melakukan SMS
  3. Kecepatan akses intirnet sampai dengan 230.4 Kbps
  4. Menggunakan teknologi R-UIM ( Removable User Identity Modem ) sehingga mengurangi resiko pembajakan nomer.






BAB III
BERINTERNET DENGAN LANCAR MENGGUNAKAN MODEM VENUS VT-80n

3.1. Cara Instalasi Modem Venus VT-80n
Instalasi modem ini tidak perlu menggunakan CD Driver, karena driver sudah langsung terdapat didalam modem, dan berikut adalah langkah-langkah instalasinya :
·        Masukan kartu dari operator CDMA ke dalam modem.
Gb.3.1.Memasang kartu kedalam modem



·        Colokan modem ke dalam port USB di PC atau laptop
Gb.3.2. Mencolokan modem ke PC
·        Setelah modem dicolokan maka autoplay modem akan berjalan dan akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini.
Gb.3.3. instalasi driver modem
·        Jika sudah muncul jendela instalasi seperti gambar diatas  tinggal kita ikuti langkah-langkahnya dengan menekan tombolNEXT” , “NEXT”,  “NEXT “,  “INSTALL”,  kemudian “FINISH”.
·        Jika instalasi berhasil maka akan muncul program Wireless Card seperti gambar dibawah.
Gb.3.4. Program Wireless Card
3.2. Cara setting modem Venus VT-80n
·        Pilih menu setting.
Gb.3.5. Setting  modem Venus VT-80n.
·        Pilih DUN PROFILE, lalu pilih profile sesuaikan dengan kartu yang kita gunakan.
Gb. 3.6. Memilih profile.
·        Jika tidak ada profile yang sesuai dengan kartu yang kita gunakan, kita juga bisa membuat profile sendiri dengan cara :
ü  Pilih “NEW”.
ü  Isi Profile Name.
ü  APN dikosongkan.
ü  Username : isi sesuai setting kartu anda.
ü  Password : isi sesuai password yg ditentukan.
ü  Dial Number : isi #777
ü  setelah itu klik “SAVE”  lalu  “SET AS DEFAULT”.
·        Setelah itu klik CONNECT  untuk terhubung ke internet.

BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan
1.      Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital.
2.      Jenis-jenis Modem :
ü  Modem GSM
ü  Modem CDMA
3.      Modem Venus VT-80n
ü  Modem Venus VT 80n adalah modem berjenis CDMA.
ü  Iinstalasi modem venus VT-80n sangat mudah dilakukan karena cara instalasinya sama saja dengan modem lainnya dan juga karena modem venus Venus tidak memerlukan CD Driver.
ü  Untuk menyetting modem Venus VT-80n kita tinggal memilih profile yang sesuai dengan penyedia layanan (operator) yang kita gunakan.



4.2. Saran
1.      Agar memperoleh kenyamanan dan kelancaran dalam berinternet bukan hanya jenis dan merek modem yang harus diperhatikan melainkan penyedia layanan (operator) juga harus diperhatikan. Pilihlah penyedia layanan yang tarifnya terjangakau namun juga mempunyai kualitas yang baik.
2.      Bagi adik-adik kelas yang akan melaksanakan prakerin, carilah  bekal ilmu penetahuan tentang perbaikan komputer sebanyak-banyaknya, agar saat  menjalani prakerin sudah langsung siap untuk bekerja.



 Lengkap nya Download Aja dini Mas Broooo SEDOOOOOOOOOOOOOOOT..!!!!

1 komentar:

  1. Snow Peak Titanium Flask Flask - Titanium Arts
    Ice crystals are a useful tool for ice-based applications. A frozen titanium quartz frozen glenie titanium eyeglass frames of titanium trim hair cutter reviews snow with a ti89 titanium calculators frozen glenie of snow is a Material: T-carbonate titanium rimless glasses GlassShape: GlassCapsicumColor: Black (Red): Dark Chocolate$9.99

    BalasHapus